Momentum HUT Kemerdekaan, ternyata memberikan berkah tersendiri bagi warga masyarakat yang berjualan bendera merah putih maupun umbul-umbul beragam ukuran.

Sarwanto yang berprofesi sebagai penjual bendera merah putih dan umbul-umbul di depan Pujasera atau pelabuhan Fakfak misalnya, menjajakan berbagai jenis ukuran bendera maupun umbul-umbul mulai dari ukuran kecil hingga ukuran besar baik yang dipasang di kedenderaan bermotor maupun di rumah-rumah.

“Saya menjual bendera sejak 2011 lalu hingga sekarang, dimana untuk harga bendera bervariasi mulai dari harga terendah Rp. 25.000 hingga Rp. 150.000 untuk ukuran bendera yang besar,” ungkap Sarwanto.

Menurut Sarwanto, meski saat ini penjualan bendera belum sepenuhnya ramai seperti waktu-waktu yang lalu, namun ia optimis tanggal sepuluh menjelang hari H detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 76, masyarakat yang mencari bendera merah putih dan umbul-umbul akan semakin ramai.

“Biasanya sebelum hari H tanggal 17 Agustus, banyak masyarakat yang datang mencari bendera,” ucapnya.

“Sebagai Bangsa Indonesia sudah sewajarnya kita menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang melawan para penjajah, sehingga  saat ini kita dapat menikmati kemerdekaan dari jajahan tersebut,” tutupnya(rri.co.id)