Pekingan Sampah di Bank Sampah UD. Aminati Jaya Fakfak

Fakfak : Keberadaan Bank Sampah dianggap sangat penting untuk mengurangi jumlah Volume sampah yang dikirim ke tempat pembuangan akhir. Apalagi, beberapa jenis sampah seperti sampah plastik, kertas, dan karton memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat banyak, seperti hal nya dilakukan oleh Bank Sampah UD. Aminati Jaya yang beralamatkan di Workshop Jalan Fakfak Kokas.

Risfadlianto selaku Pengelola Bank Sampah UD. Aminati Jaya mengatakan, keberadaan bank sampah UD. Aminati Jaya, untuk meminimalisir volume sampah yang begitu banyak, sehingga dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan.

“Kami hadir di Fakfak sudah dua tahun lebih, dan dalam operasionalnya masih terdapat beberapa kendala, karena masih kurang nya tenaga pekerja, sehingga untuk droping sampahnya masyarakat langsung membawanya ketempat kami,”ujar Risfadlianto selaku Pengelola Bank Sampah.

Menurut  Risfadlianto, berbagai jenis sampah masyarakat yang di tampung tersebut baik sampah plastik hingga kaleng bekas, di bentuk dalam pekingan dan kemudian dipress dengan menggunakan mesin giling.

“Kita ada mesin pres dan mesin giling, dimana untuk pengelolaan sampah plastik kami potong kecil-kecil kemudian dimasukan kekarung dan dipeking, sedangkan karton, kaleng dan botol kita pres selanjutnya dipeking,” ungkapnya.

Dengan adanya Bank Sampah ini masyarakat yang memiliki limbah sampah seperti plastik, kartas, karton maupun barang yang sudah tidak terpakai lagi, dapat menyetor sampah-sampah tersebut ke Bank Sampah UD. Aminati Jaya yang beralamatkan di Workshop Jalan Fakfak Kokas.(Edy/Ram)(RRI.CO.ID)