Suasana langit begitu cerah matahari bersinar terang, tepat pukul 09.00 WIT Jumat (13/8/2021) Bendera Merah Putih Raksasa berkibar di langit Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat.

Bendera ukuran panjang 10 meter, lebar 5 meter ini terpasang di tower Navigasi Pelabuhan Fakfak dengan ketinggian 20 meter dikibarkan oleh jajaran Perhubungan Laut, TNI-AL dan Pos KP3 Laut Polres Fakfak.

Pengibaran bendera ini diprakarsai oleh Stasion Radio Pantai Fakfak Distrik Navigasi Kelas 1 Sorong dalam rangka memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Jadi ini kita lakukan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-76 Republik Indonesia,”ujar Samanhudin kepada wartawan usai pengibaran bendera merah putih.

Dia berharap, generasi mudah adalah tokoh sentral dalam mengisi kemerdekan, karena generasi muda adalah penerus cita-cita perjuangan bangsa.

Menurutnya, dalam melanjutkan cita-cita dari para Pahlawan merebutkan kemerdekaan, saat ini, kita tidak harus memegang senjata atau berperang, tetpi bagiamana dapat menolong sesama.

“Mengharumkan nama Indonesia dengan berbagai prestasi-prestasi dan menjadi penerus bangsa yang membanggakan, itulah bagian dari mengisi kemerdekaan,”pintanya.

Upacara sederhana ini dihadiri Kepala Pelindo Cabang Fakfak, Unsur Pimpinan KSOP Fakfak, Kepala Pos KP3 Laut Polres Fakfak, sementara personel upacara berasal dari KP3 Laut Polres Fakfak dan KSOP Fakfak.(Primarakyat)