Bupati Fakfak Untung Tamsil resmi membuka pelatihan membuat sabun dari buah pala di Ball Room Hotel Grand Papua Fakfak, Kamis (27/5/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Untung Tamsil menyambut baik pelatihan pembuatan sabun mandi dari buah pala yang di prakarsai oleh Dinas Perkebunan Kabupaten Fakfak.

“Pemerintah menyambut baik pelatihan hari ini karena dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuan kelompok atau UMKM dalam mengolah potensi daerah,”ujar Bupati Untung Tamsil.

Selain itu, lanjut Bupati Untung Tamsil, meningkatkan pendapatan masyarakat, mengangkat nama daerah Kabupaten Fakfak dalam memproduksi produk daerah dan Dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Fakfak.

“Hal ini, sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten Fakfak, yaitu Fakfak Tersenyum maka kebijakan pembangunan fokus dalam pembangunan ekonomi kerakyatan termasuk pengembangan komoditas unggulan,”jelasnya.

Bupati menambahkan, apabila sabun pala dapat menghasilkan produksi maka akan di salurkan di berbagai hotel, toko dan pasar.

“Juga di bandara bahkan di pelabuhan untuk di pasarkan demi kesejahteraan para pengrajin pala di daerah ini,”ujarnya

Sementara Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Fakfak, Ibrahim Fatamasyah dalam laporannya mengatakan, pala Fakfak suatu saat nnti akan menjadi primadona Pala Emas karna memiliki mutu dan kualitas yang sangat baik.

Pelatihan ini digelar dua hari sejak 27 hingga 28 Mei 2021 menghadirkan Instruktur yakni, Sarah dari MOOI Sorong Papua dan Delima Kiswanti dari Ekonomi Hijau/Green E onomo Growth Papua, West Papua.

Sedangkan peserta pelatihan terdiri dari ibu-ibu kelompok pengrajin pala yang ada di Kabupaten Fakfak termasuk ibu -ibu Bayangkari Fakfak.

Tinggalkan Balasan