Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengumumkan hasil Desa Wisata yang telah lolos 300 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2021. Dari 300 besar tersebut ada Desa Wisata Kampung Ugar dari Kabupaten Fakfak Propinsi Papua Barat, masuk dalam Nomisasi ADWI Tahun 2021.

Ketua DPC HPI Kabupaten Fakfak Prayogo Kusuma mengatakan, dalam  ADWI Tahun 2021, DPC HPI Kabupaten Fakfak merekomendasikan beberapa kampung hanya saja di lihat dari segi potensi bahari, potensi sejarah dan budaya serta memiliki banyak cenderamata, maka Objek Wisata Kampung Ugar, masuk dalam  Anugerah Desa Wisata Indonesia.

“Kesiapan-kesiapan yang kami lakukan, untuk wisata Kampung Ugar mengikuti ADWI 2021, lebih diutamakan kesiapan Admistrasi sepertihalnya penanggung jawab untuk kepesertaan Lomba,” ujar Ketua DPC HPI Kabupaten Fakfak Prayogo Kusuma.

Menurutnya,  Wisata Kampung Ugar yang Lolos kedalam 300 Besar Desa Wisata dari seribu 8 ratus lima puluh satu peserta di Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia  (ADWI)  Tahun 2021.

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat Fakfak khususnya Kampung Ugar mari mensukseskan Desa Wisata Kampung Ugar sehingga mampu bersaing dan masuk dalam tahap penilaian 100 besar hingga tahap 50 besar ADWI Tahun 2021,” pintanya.

Tambah Proyogo, keikutsertaan Wisata Kampung Ugar pada Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2021, hanya sebatas memperkenalkan dan mempromosikan Kabupaten Fakfak, khususnya mengangkat objek wisata yang ada di Kampung Ugar.

“Dengan Keikutsertaan Kampung Ugar pada ADWI 2021 ini, saya harap nantinya bisa menjadi tempat wisata, dengan banyak kunjungan wisatawan dari Fakfak maupun dari luar Kabupaten Fakfak, dapat meningkatkan Perekonomian bagi masyarakat setempat,” tutupnya. (Edy/Ram)(RRI.CO.ID)