Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Fakfak menyebutkan telah melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Mitra Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak, di ruang sidang utama DPRD Kabupaten Fakfak, Jumat 16 Juli 2021 pagi.

“Jadi kemarin hari jumat 16 Juli 2021 jam 9 pagi, Komisi I dan III DPRD Kabupaten Fakfak telah menggelar RDP dengan mitra kerja pemerintah yaitu RSUD, Kepala Dinas Kesehatan dan BPBD Fakfak dan hadir Pak Sekda, di ruang sidang dewan,”ujar Ketua Banggar DPRD Kabupaten Fakfak Marcel Rahamitu, S.Pt, M.Pd.

Ketua Banggar DPRD Kabupaten Fakfak Marcelus Rahamitu, S.Pt, M.Pd yang juga Ketua Fraksi NasDem menyatakan itu kepada media ini melalui seluler sekaligus mengklarifikasi pemberitaan primarkyat.com pertanggal 17 Juli 2021 tentang “Kasus Positif Corona Meningkat, DPRD Fakfak Tidak Bernyali Panggil Direktur RSUD dan Kadis Kesehatan”.

Menurutnya, dalam rapat itu banyak hal dibicarakan terkait dengan penanganan pencegahan penyebaran virus Covid-19 Kabupaten Fakfak yang terus meningkat.

“DPRD pada prinsipinya meminta kepada Pemerintah Daerah khususnya instansi teknis dalam hal ini RSUD, Dinas Kesehatan lebih solid dalam penanganan Covid-19. Berkaitan dengan anggaran, lebih dipercepat pencairannya sesuai aturan yang berlaku,”ujar Marcel sapaan akrabnya.

Pada kesempatan itu, kata Marcel, Sekda meminta kepada OPD terkait menyampaikan laporan dan segera mengusulkan anggaran yang bisa digunakan dari dana BTT (Bantuan Tal Terduga), karena ini darurat.

“Kami DPR minta anggaran refocusing dipercepat, pencegahan penularan Covid-19,”pinta Marcel.

Hal itu senada juga disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Fakfak Markus Krispul, dia menekankan kepada Tim Gugus Tugas lebih perketat PPKM, karena kasus Positif semakin meningkat di Kabupaten Fakfak.

“Kalau bisa dilakukan pos-pos pada tempat umum yang dikunjungi warga seperti pasar dan juga tempat umum lainnya,”ujarnya pada saat rapat tersebut.

Menurut Markus, adanya pos-pos itu, Tim Gugus Tugas dapat memantau mengawasi jumlah pengunjung dan juga pengunjung bahkan pedagang yang tidak mematuhi protokol kesehatan terutama memakai masker.

“Kita semua ingin supaya daerah ini aman dan jauhi dari corona, maka apa-apa yang menjadi usulan kami DPRD dapat segera ditindaklanjuti pemerintah daerah dalam hal ini gugus tugas Covid-19,”pintanya.

Menyinggung dalam pemberitaan media ini, ada permintaan masyarakat agar DPRD panggil Kepala Dinas Sosial terkait percepatan bansos PPKM, Markus mengatakan, pihaknya (DPRD, red) akan menindaklanjutinya. [PR-01](primarakyat)