Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sekban Kabupaten Fakfak menggelar Vaksinasi masal di halaman Haway Hotel Fakfak, Sabtu (17/6/2021).

Vaksinasi program Nasional ini diprakarsai oleh Haway Hotel Fakfak, selain menyediakan tempat juga menyediakan makanan dan minum kepada warga yang menerima Vaksinasi untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imun.

Suster Efi Temongmere sebagai Penamggungjawab Vaksinasi memgapresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pimpinan Haway Hotel yang telah menyediakan tempat untuk dilakukan Vaksinasi juga makanan dan minuman.

“Pak Petrus Thokiman ini orangnya sangat luar biasa, berjiwa sosial, selain membantu kami dalam hal tempat untuk vaksinasi, juga menyediakan makanan dan minuman kepada warga yang divaksin dan juga kepada kami tenaga medis yang melayani vaksinasi, Tuhan akan membalas kebaikan beliau,”ujar Suster Efi sapaan akrabnya kepada media ini disela-sela Vaksimasi.

Suster Efi menjelaskan, terkait vaksinasi di halaman Haway Hotel ini sudah memasuki vaksinasi dosis dua atau tahap dua, namun pihaknya (Puskesmas,red) juga melayani vaksinasi dosis pertama atau tahap pertama.

“Nah, Vaksinasi tahap pertama ini sebanyak 100 dosis vaksin, yang divaksin kepada masyarakat. Sedangkan pelayanan vaksinasi untuk dosis dua juga tetap kami layani,”jelas Suster Efi.

Suster Efi juga menjelaskan, sebelum dilakukan vaksinasi, terlebih dahulu dilakukan anamnesa untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi kondisi penyerta (komorbid), serta melakukan pemeriksaan fisik sederhana meliputi suhu tubuh dan tekanan darah tinggi.

“Vaksinasi tidak diberikan kepada sasaran yang memiliki riawat konfirmasi Positif Covid-19, wanita hamil, menyusui dan beberapa kondisi komorbid yang telah disebutkan dalam format skrening,”jelasnya lagi.

Sementara itu, Pemilik Hotel Haway Fakfak Petrus Thokiman mengatakan, diriinya memprakarsai vaksinasi ini bukan karena hebat, tetapi merupakan salah satu kepedulian membantu sesama untuk mensukseskan vaksinasi nasional yang merupakan program pemerintah.

Jujur saja saya pernah kena Covid-19 dan hampir tewas, dan pada saat saya sakit, banyak skali teman-teman dan saudara semua membantu dalam doa, sehingga saya sembuh, sehat dan berada saat ini. Oleh karena itu, saya merasa terpanggil untuk membantu sesama seperti saat ini telah dilaksanakan vaksinasi di depan Hotel Hawai,”ujar Petrus Thokiman.

Mantan Anggota DPRD Kabupaten Fakfak ini mengajak warga Fakfak yang belum vaksin agar segera vaksin, jangan takut, karena vaksin memperoleh izin BPOM dan mendapatkan fatwa halal dari MUI.

“Jadi Vaksinasi ini sangat bermanfaat, sudah tentu akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik melawan virus covid 19, dengan demikian RAKYAT SEHAT, EKONOMI JUGAKUAT,”jelas Petrus Thokiman.

Senada juga disampaikan Tokoh Masyarakat Andarias Hombore, dia mengatakan meskipun masyarakat sudah vaksin tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Laksanakan protokol kesehatan yaitu, memakai masker, rutin mencuci tangan, menjaga jarak, serta menghindari kerumunan, kalau itu kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari, maka kita sudah mencegah penyebaran Covid-19 untuk diri kita dan orang lain,”pinta mantan Ketua DPRD Fakfak ini. [PR-01](primarakyat)