Pesona Papua memang tiada habisnya. Berbagai kebanggaan terkemas dalam keunggulan potensi sumber daya diantaranya adalah komoditas laut seperti ikan Pelagis dan ikan Demersal yang memiliki nilai ekonomi tinggi karena keterjagaan kualitas laut yang masih organik diantaranya ikan Tuna, Bubara dan Kakap Merah serta masih banyak lagi. Keunggulan sumberdaya alam ini mesti terkelola dengan optimal karena ternyata potensi serapan pasar yang masih sangat tinggi seiring dengan pergerakan pertumbuhan penduduk baik di regional Papua maupun Nasional bahkan internasional.  


Disisi lain trend gaya hidup manusia modern yang salah satunya adalah kebutuhan pangan/makanan, dimana dengan berbagai kesibukan rutinitasnya cenderung menginginkan Makanan yang instan (cepat saji) namun memiliki kualifikasi standard Kesehatan yang tersertifikasi dan memiliki cita rasa yang mewakili entitas tertentu. Hal inilah yang mendorong munculnya ide kreatif terlahirnya PT. Papua Kreasi Sejahtera yang dinahkodai oleh Anak Asli Fakfak untuk mewujudkan harapan masyarakat dunia dari kemurnian alam laut Papua yang organik yang dikemas dengan teknologi tepat guna yang juga  dioperasilkan oleh anak asli Papua dalam satu produk unggulan yang mewakili kearifan lokal Papua yakni IKAN KALENG RAJA LAUT. 


Inisiasi pembuatan produk ikan kaleng Raja Laut ini merupakan bentuk kemitraan strategis antara Tangguh LNG dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Fakfak  melalui  dukungan dan pembinaan langsung oleh program Ekonomi Tangguh LNG dan OPD Teknis terkait pada pada jajaran Pemda kabupaten Fakfak.


Sambutan yang antusias ditunjukan pula oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak. Bupati Fakfak pada salah satu kesempatan menyampaikan bahwa produk ini akan dan harus menjadi kebanggaan masyarakat Fakfak dengan mempromosikan dari segala media yang dimiliki oleh Pemerintah maupun para stakeholder hingga berbagai lapisan masyarakat, hal tersebut ditunjukkan dalam bentuk dukungan Bupati selaku pemerintah daerah melalui bagian kehumasan untuk mensupport pemasaran produk Ikan Kaleng Raja Laut agar dikenal tidak hanya di Fakfak dan Papua tapi bisa menembus pasar nasional dan internasional

Sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Daerah khususnya Bupati Fakfak, Diharapkan dengan adanya produk ikan kaleng Raja Laut ini, akan ada lapangan kerja baru serta peningkatan pendapatan pada nelayan dan petani lokal sehingga masyarakat Fakfak terberdayakan dari segala lini khususnya ekonomi kreatif yang sangat digandrungi oleh para millenials saat ini. Disisi lain produk ini diharapkan menjadi produk kebanggaan Indonesia Timur khususnya masyarakat Papua.(HUMAS/ADP)