Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Kemenparekraf) menggelar event Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI)  tahun 2021.

Anugerah Desa Wisata 2021 ini, diikuti oleh sekitar 1.583 Desa Wisata di Indonesia dengan target ada 700 Desa Wisata.

Untuk daerah ini, berbagai upaya pun terus dilakukan guna mewujudkan Desa Wisata dari Kabupaten Fakfak.

Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI)Kabupaten Fakfak Prayogo Kusumo mengungkapkan, untuk mencapai hal tersebut, DPC HPI ikut berperan serta dengan mengikuti  bimtek dan workshop lanjutan tentang Mekanisme Anugerah Desa Wisata 2021.

“Peran HPI disini cukup jelas, bahwa yang ada dalam sebaran desa wisata itu adalah teman-teman yang berprofesi sebagai pemandu wisata, dimana dalam struktur kepengurusan kita memang berbagi tugas, DPC HPI sendiri menangani administrasi pendaftaran,” ujar  Prayogo Kusumo.

Prayogo Kusumo tambahkan, 12 kampung telah diusulkan dan saat ini sedang dilengkapi dokumen pendukung sehingga diharapkan kampung yang diusulkan masuk dalam nominasi Anugerah Desa Wisata 2021.

“Bimtek yang kami lakukan untuk mempersiapkan berkas-berkas dan dokumen pendukung menyambut penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021,” ungkapnya.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian.

Event ini bertujuan menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi pariwisata berkelas dunia dan berdaya saing tinggi.

 Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 mengangkat tema “Indonesia bangkit”. Tema ini diharapkan dapat mendorong semangat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata untuk kembali bangkit pasca pandemi Covid-19. (Nico/Ram)(RRI.co.id)