Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Fakfak Gondo Suprapto  meminta warga masyarakat untuk tidak takut melakukan test swab.

“Tes Swab merupakan proses yang harus dilalui untuk mengetahui seseorang itu positif atau tidaknya terpapar Corona, apa lagi yang bersangkutan sedang mengalami gejalah baik itu, batuk, flu dan demam,  sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk menghindari tes swab,” ungkap Gondo Suprapto. 

Menurut Gondo, hal ini dilakukan untuk mengetahui kesehatan diri sendiri dan keluarga.

Tambahnya, Covid-19 bukan penyakit aib yang perlu disembunyikan, karena semakin cepat dideteksi maka semakin cepat pula dilakukan perwatan.

Gondo suprapto menjelaskan upaya tes web dilakukan bukan hanya demi kesehatan perorangan, namun sudah mencakup kesehatan yang lebih luas yakni kesehatan seluruh masyarakat,  maka masyarakat yang masuk daftar kontak erat dengan pasien positif Covid-19,  harus mau dites web.

Selain itu hal tersebut juga untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 apalagi yang menjadi faktor resiko paling utama adalah di keluarga dan di tempat kerja.  Untuk itu, Gondo Suprapto kembali menghimbau masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan sehingga Kabupaten Fakfak bebas dari covid 19. (Nico/Ram)(rri.co.id)