Hari Keluarga Nasional (Harganas) diperingati pada 29 Juni setiap tahunnya. Tahun ini, tema Harganas adalah “Keluarga Keren Cegah Stunting” dengan tagar #KeluargaIndonesiacegahstunting yang dapat disemarakkan di media sosial masyarakat Indonesia.
Peringatan Harganas adalah momen untuk merefleksikan pentingnya institusi terkecil dalam suatu masyarakat yaitu keluarga , Suatu bangsa, suatu negara, atau masyarakat luas tidak akan memiliki populasi yang produktif jika para keluarganya tidak berkualitas.

Sebagai ketua PKK Fakfak ibu Siti Fatimah bauw mengharapakan kepada masyarakat Fakfak khususnya ibu agar dapat memperhatikan gizi untuk keluarga ,apa lagi hasil alam Fakfak ini sangat potensial baik di darat seperti tumbuhan,buah-buahan atau pun hasil laut seperti ikan yang masih sangat segar dan alami.
Stunting sendiri adalah istilah medis untuk menunjukkan kondisi anak kerdil dan pendek; ketika anak gagal tumbuh, dalam usia di bawah lima tahun (balita) karena kekurangan gizi kronis.
Anak yang mengalami stunting akan memiliki tingkat kecerdasan tidak maksimal. Selain itu, fisiknya juga rentan terhadap penyakit dan berisiko menurunkan tingkat produktivitasnya.
Di masa pandemi COVID-19, keluarga juga harus lebih menjaga asupan yang bergizi

dan baik untuk meningkatkan imun tubuh.
Dengan adanya moment peringatan hari keluarga Nasional ini semoga bisa menjadi titik balik untuk masyarakat Fakfak untuk lebih difokuskan agar Generasi penerus bangsa akan lahir dari keluarga-keluarga kecil di setiap daerah di Indonesia. Karena itulah, mereka harus tumbuh dalam keadaan sehat, cerdas, kreatif, dan produktif. Selain aspek jasmani, anak-anak juga harus dibekali dengan pendidikan yang berkualitas sebagai modal pembangunan bangsa. 

Tinggalkan Balasan