Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Fakfak, Siti Fatimah Bauw resmi membuka Festival Kuliner Tradisional Berbahan Rempah di Kampung Unipokpok, Distrik Fakfak Tengah, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, Sabtu (25/9/2021).Dalam sambutannya, Istri Bupati Fakfak Untung Tamsil ini mengapresiasi kegiatan ini dan berharap kegiatan tersebut tidak hanya sampai disini saja, tetapi berkelanjutan untuk mensejahterakan keluarganya.

“Kampung Unipokpok ini merupakan daerah parawisata yang akan dibangun pemerintah daerah sesuai visi, misi bupati dan wakil bupati Fakfak, nah saya berharap mama-mama lebih kreatif lagi dengan kealihan masakan makanan tradisionalnya untuk dijual kepada setiap pengunjung yang datang, tujuannya adalah mensejahterakan keluarga mama dorang,”ujar Siti Fatima Bauw.

Sementara itu, Kepala Dinas Parawisata Kabupaten Fakfak Ferdinand Pihiwi mengatakan, berbicara festival sudah tentu identik dengan banyak orang, karena festival pasti ada lomba-lomba.

“Namun festival yang hari ini kita lakukan disini adalah satu kegiatan yang kita mempromosikan, kita memperkenalkan bagaimana cara pengolahan makanan tradsional dengan bahan alami, setelah itu hasilnya disampaikan ke balai pelestarian budaya papua dan nantinya dinilai,”kata Ferdinand.

Kepala Distrik Fakfak Tengah, Munwir Rengen mengatakan kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya tindaklanjut dari tahun 2020, yang sudah dipresentasekan dan hasilnya sudah dinikmati oleh pimpinan OPD yang hadir pada saat itu.

“Harapan saya evaluasi kegiatan tahun kemarin belum kelihatan untuk dipromosikan ke instansi-instansi, OPD di Kabupaten Fakfak, untuk itu sangat perlu dilakuannya, harapan saya kalau ada kegiatan-kegiatan OPD, tidak lagi pesan kue olahan nusantara, tetapi hasil olahan kuliner tradisional berbahan rempah,”pintanya. [PR-01](Primarakyat.com)