Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Provinsi Papua Barat Yas Kristianus Kadang, melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung  Kelas Baru Madrasah Tsanawiyah Negeri Fakfak, yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Wagom, Distrik Pariwari.

Kakanwil Yas Kristianus Kadang mengatakan, pembangunan gedung baru MTs N Fakfak merupakan alokasi anggaran dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) artinya  masih berupa hutang dan bukan dalam bentuk rupiah murni, yang di peruntukan untuk  pembangunan sekolah, sehingga pemenuhan 8 standar pendidikan, terutama sarana dan prasarana pendidikan di sekolah dapat terwujud dengan baik.

“Ini merupakan anggaran SBSN, sehingga kita dorong agar sekolah kita ini diberikan perhatian terutama didalam 8 standar, salah satunya sarana dan prasarana pendidikan, sehingga kita dorong untuk maju memperbaiki tingkat pendidikan secara keseluruhan di Papua Barat, khususnya di Fakfak ini bagaimana sekolah kita ini bagus, sehingga siswa tertarik untuk sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Fakfak,” ungkap Kakanwil Kemenag Provinsi Papua Barat Yas Kristianus Kadang, usai peletakan batu pertama Pembangunan Gedung Mts Negeri Fakfak, Rabu (4/8/2021).

Sementara Kepala Bidang Pendidikan Islam Kanwil Kemenag Papua Barat Sirajudin Bauw menjelaskan, di Propinsi Papua Barat ada tujuh pembangunan gedung kelas melalui dana SBSN di Tahun ini, diantaranya adalah 2 sekolah di Fakfak, 1 sekolah di Sorsel, 2 sekolah di Sorong dan 2 sekolah di Manokwari.

“Saya harap dengan adanya pembangunan ruang kelas melalui SBSN ini, dapat memberikan dorongan kepada peningkatn kualitas dan mutu dari Madrasah diwilayah Papua Barat,” pinta Sirajudin Bauw.

Sedangkan Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Fakfak Abdul Hamid Rahanyamtel, merasa bersyukur dan berterimakasih kepada Pemerintah Pusat Khususnya Kementrian Agama RI, Dirjen Pendidikan Islam, Kakanwil Kemenag Papua Barat beserta Kabid, yang telah memberikan dukungan atas berlangsungnya pembanguan gedung kelas baru Madrasah yang ada di Kabupaten Fakfak.

“Kita merasa bersyukur dan berterimakasih kepada Pemerintah Pusat khususnya Kementrian Agama, sehingga kita ditahun 2021 ini mendapat jatah pembangunan gedung kelas yang baru,” ucap Abdul Hamid Rahanyamtel.

Peletakan batu pertama pembangunan gedung baru Madrasah Tsanawiyah Negeri Fakfak, ditandai dengan prosesi Adat Sirih Pinang, dan dilanjutkan dengan peletakan batu pertama Oleh Kakanwil Kemenag Papua Barat, Kabid Pendidikan Islam Kanwil Papua Barat, Kakan Kemenag Fakfak serta tokoh adat masyarakat setempat.

Alokasi dana pembangunan gedung kelas baru Mts N Fakfak dari Dana SBSN Tahun aggaran 2021 sebesar 5 milyar, 469 juta, 460 ribu rupiah, dengan nilai fisik 3 milyar, 739 juta 355 ribu rupiah.(Edy/Ram)(rri.co.id)