Upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung di halaman Kantor Bupati Fakfak, Selasa (17/8/2021) pukul 09.00 WIT.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, upacara peringatan HUT RI kali ini dilaksanakan sangat sederhana, sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Fakfak Untung Tamsil, S.Sos. M.Si, yang resmi dilantik bersama Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom, SE.M.M tanggal 26 April 2021.

Sedangkan Komandan Upacara, Lettu CPM Aaan Budianto Komandan Subdetasemen Polisi Militer XVIII-02 Fakfak.

Pembacaan Teks Proklamasi oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Fakfak, Iksandar Tassa, A.Md, pasukan pengibar bendera merah putih berasal dari siswa-siswi terbaik dari SMA sederajat di Kabupaten Fakfak.

Karena situasi Pandemi Covid-19, maka selain peserta upacara terbatas, pengibar bendera merah putih juga terbatas, hanya 3 orang masing-masing, Sehan Abdurahman Bahmid (bagian kanan), Pemegang Bendera Wa Mutia (bagian tengah) dan Army Hajar Aswad (bagian kiri).

Hadir pada upacara tersebut, Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom, Kapolres Fakfak, Dandim 1803/Fakfak, Kepala Kejaksaan Negeri Fakfa, Ketua Pengadilan Negeri Fakfak dan Sekda Fakfak.

Juga hadir Ketua DPRD Fakfak, para Asisten Setda, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Veteran, Pimpinan BUMN dan BUMD serta undangan lainnya. Peserta upacara terdiri dari, satu personel TNI-Polri, Satpol PP, ASN dan Pramuka.

Bupati Untung Tamsil mengharapkan semua eleman baik pemerintah, masyarakat maupun dunia usaha untuk saling bersinergi melakukan upaya-upaya yang produktif dan konstruktif bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Fakfak.

“Tema HUT RI ke-76 tahun ini, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbu dirangkaikan dengan Fakfak Tersenyum,”ujar Bupati Untung Tamsil kepada wartawan usai upacara.

“Adanya tema ini ada harapan-harapan  kedepan secara bersama-sama membangun daerah ini, sehingga pelaksanaan pembangunan, penyelenggarahan pemerintahan serta pelayanan kemasyarakatan dapat berlangsung aman, tertib lancar serta mencapai kemajuan sesuai harapan kita bersama,”pinta Bupati Untung Tamsil.

Pantauan media ini, usai upacara Bupati dan Wakil Bupati Fakfak menyerahkan remisi kepada 75 orang warga binaan (WBP) dan langsung bebas dari masa hukuman 2 orang.Bupati dan Wakil Bupati serta Forkopimda menyerahkan bantuan sosial berupa bahan pokok kepada Vetaran di Kabupaten Fakfak, yang dilanjutkan dengan foto bersama. [PR-01](Primarakyat)