Sekretaris Daerah (Sekda) Fakfak, Drs. Ali Baham Temongmere, M.TP mengikuti Workshop dukungan eksekutif dan legislatif dalam rangka peningkatan komitmen daerah untuk keberlanjutan air minum dan penyehatan lingkungan (AMPL) Regional II melalui metode tatap maya (virtual), Kamis (16/9/2021).

Dalam workshop ini, Sekda di damping oleh Asisten I Arobi Hindom, S.Sos, M.Si dan Plt. Asisten II Muhamad Saleh, S,Sos, M.Si beserta Plt. Kepala Bappeda Fakfak Eksan Musaad, SE, M.Si menandatangani Surat Kesepakatan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung keberlanjutan program air minum dan sanitasi Berbasis Masyarakat sesuai dengan amanat RPJM

Sekda Ali Baham mengatakan, kesepakatan ini telah disandingkan dengan visi misi Fakfak Tersenyum dalam mempercepat realisasi program bangun jaringan air bersih yang dikenal dengan Fakfak Banjir yang terintegrasi dan kolaborasi dengan program pusat-daerah.

“Kesepakatan yang ditandatangani sebagai bentuk komitmen dengan pemerintah pusat dalam menyusun atau mereview kembali kebijakan daerah dan program prioritas air minum dan sanitasi jangka menengah,”ujar Sekda.

Menurut Sekda Ali Baham, program prioritas air minum dan sanitasi jangka menengah itu dalam bentuk Rencana Aksi Daerah bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (RAD AMPL) Kabupaten Fakfak yang ditetapkan melalui Peraturan Bupati dan dijadikan sebagai program prioritas dimuat di dalam dokumen rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Fakfak Tersenyum serta dijabarkan dalam rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Fakfak.

“Di samping itu, menjadi komitmen dalam menyediakan alokasi anggaran untuk keberlanjutan AMPL melalui sharing APBN dan APBD Kabupaten Fakfak dan memanfaatkan sumber alokasi dana lainnya untuk mencapai target air minum dan sanitasi serta akan mengadopsi dan mengarusutamakan pendekatan PAMSIMAS dalam pembangunan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat,”jelas Sekda.

Sekda berharap dengan hadirnya program air minum berbasis masyarakat (Pamsimas) mulai tahun 2021 hingga akhir periode RPJMD Fakfak Tersenyum 2026, seluruh kampung dapat Tersenyum karena terpenuhi air minum dan sanitasi yang layak melalui Program Pamsimas dengan mekanisme perencanaan bersama masyarakat, penganggaran bersama, pelaksanan bersama masyarakat dan pemeliharaan oleh masyarakat sendiri. [PR-01](Primarakyat)