Bupati Fakfak Untung Tamsil menghadiri serah terima jabatan (Sertijab) Direktur RSUD Fakfak, Selasa (25/5/2021) pagi tadi.

dr Karyani Kastela, M.Kes, Sp.Rad resmi menjadi Direktur RSUD Fakfak menggantikan dr Subhan Rumoning, Sp.PD, yang sebelumnya menjabat Direktur RSUD Fakfak sejak November 2019 hingga Mei 2021.

Bupati Untung Tamsil dalam sambutannya berharap kerjasama semua unsur dilingkungan RSUD Fakfak guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Saya berharap perlu adanya kerjasama, ibu dokter (Direktur RSUD,red) tidak jalan sendiri, kepala bidang, kepala ruangan, kepala seksi, kepala unit dan para medis, dokter tidak jalan sendiri, atur diri sendiri, tetapi perlu kekompakan, kerjasama untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,”pintanya.

Bupati menyampaikan terima kasih kepada dr Subhan Rumoning selama pengabdiannya telah menerapkan manajemen dan pelayanan kesehatan di RSUD Kabupaten Fakfak secara baik.

“Kebaikan yang beliau (dr Subhan) lakukan di rumah sakit ini perlu kita pertahankan bahkan kita tingkatkan,”pintanya.

Bupati juga menyampaikan selamat kepada dr. Karyani Kastela sebagai Direktur RSUD Kabupaten Fakfak, “Saya berharap agar apa yang menjadi harapan pemerintah dan masyarakat dapat diwujudkan sesuai kemampuan,”pintanya.

dr Subhan Rumoning menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah, yang telah memberikan kepercayaan kepadanya memimpin RSUD Kabupaten Fakfak sejak November 2019 hingga Mei 2021.

“Sebagai pribadi, saya mohon maaf sebesar-besarnya jika memang dalam pelaksanaan selama saya menjabat direktur, ada hal-hal yang belum tereselesaikan, nah itu tugas kita bersama-sama melanjutkan maupun perbaiki,”ujarnya.

“Saya mengucapkan selamat kepada dr. Karyani sebagai Direktur RSUD Fakfak, saya mengajak kita semua mari sama-sama kita membantu beliau, sama-sama melanjutkan kepemimpinan beliau, karena masa kepemimpinan ini milik kita bersama, mari kita sama bersatu memberikan pelayanan yang lebih baik,”pintanya.

Pada kesempatan itu, dr Subhan menyampaikan permohonoan maaf kepada unsur pimpinan di RSUD, “Jika dalam pergaulan ada hal-hal yang kurang, terdapat perbedaan presepsi dan lain sebagainya, itu merupakan dinamika dalam berorganisasi membuat kita lebih dewasa lagi,”kata dr Subhan.

Sementara itu, dr  Karyani Kastela mengucapkan terima kepada Bupati atas amanah dan kepercayaan yang telah diberikan kepadanya sebagai Direktur RSUD Kabupaten Fakfak terhitung 11 Mei 2021.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dokter Subhan selaku direktur RSUD Fakfak periode 2019-2021, atas pengabdian dan kerja kerasnya memimpin dan mendidik seluruh jajaran dan staf dilingkungan RSUD Fakfak,”ujarnya.

Tentunya, kata dr Karyani, kebaikan selama memimpin rumah sakit ini tetap dipertahankan dan lebih meningkatkan prestasi yang sudah diraih dan akan melanjutkan semua program yang berjalan.

“Kami akan bertekad memperbaiki hal-hal yang belum dapat dilakukan dimasa kepemimpinan pak doker Subhan,”kata dr Karyani.

Pada kesempatan itu, dr Karyani menyampaikan secara singkat rencana kerjanya jangka pendek, antara lain pembenahan secara menyeluruh kondisi internal menajamen RSUD yang berfokus pada upaya-upaya penciptaan iklim organisasi yang kondusif.

“Hal ini bertujuan untuk terciptanya perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan rumah sakit Type C meliputi sumber daya manusia dalam hal ini dokter spesialis dan juga dokter umum, para medis dan tenaga kesehatan lainnya,”ujarnya.

Kemudian, lanjut dia, sarana prasarana yang menunjang pelayanan prima kepada masyarakat, berdasarkan efaluasi dan asesmen yang telah dilakukannya dalam beberapa hari terakhir ini.

“Kami telah mencoba memperbaiki sarana dan prasarana meliputi kecukupan ketersediaan air bersih, listrik, limbah rumah sakit dan sebagainya,”kata dia.

Sebagai organisasi, sambung dia, akan melakukan evaluasi terhadap keseimbangan antara ketersediaan fasilitas tehknologi disatu sisi dengan ketersediaan tenaga medis.

“Hal ini perlu dilakukan untuk menjamin sumber daya manusa yang tersedia dapat dioptimalkan sebaik-baiknya untuk memastikan unit kendali mutu, dan juga sistim rumah sakit,”jelasnya.

Hal ini menurutnya, sebagai basis untuk menopang database rumah sakit guna mempermudah pendataan administrasi, agar hak-hak karyawan dapat diakomodir dengan baik. Hal ini telah diamanatkan dalam laporan akreditasi rumah sakit.

“Untuk itu, saya berharap dukungan kerjasama seluruh staf, dan kesempatan ini kami mohon arahan dan bimbingan dari bupati serta seluruh jajaran agar terwujudnya visi Fakfak tersenyum untuk jangka menengah dan jangka panjang akan kami siapkan dalam kesempatan lain setelah bersama-sama jajaran membahas secara menyeluruh dengan memperhatikan ketersediaan SDM dan daya dukung lainnya serta rencana strategis RSUD Fakfak,”tandasnya.

Pantauan media ini, hadir dalam Sertijab itu Plt Kepala BKPSDM, Direktur RSUD Fakfak dr Karyani Kastela, dr Subhan Rumoning, Unsur Pimpinan RSUD Fakfak serta undangan lainnya.

Tinggalkan Balasan