Semakin meningkatnya pasien Covid -19 termasuk di daerah ini maka berbagai upaya pun terus dilakukan pemerintah melalui dinas kesehatan dan instansi terkait mulai dari sosialisasi penerapan 3M serta pemberian Vaksin gratis kepada masyarakat.

Pantauan RRI, dengan menerapakan protokol kesehatan, masyarakat antusias mendatangi puskesmas Fakfak untuk menerima Vaksin.

Usai petugas menyuntikan vaksin kepada penerima yang memenuhi syarat, berbagai tanggapan pun disampaikan oleh masyarakat yang telah menerima vaksin.

Balila Tio misalnya, menyampaikan sebelum di vaksin, ia berkesempatan mencari informasi terkait keamanan vaksin tersebut, dan terbukti aman  meskipun mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi.

“Sebelum di vaksin, saya cari informasi dulu di google dan setelah yakin baru saya di vaksin, intinya vaksin itu aman  , meskipun ada efek sampingnya setelah di vaksin tapi tidak seberap dampaknya,”ujar Balila Tio.

Sementara Masita yang juga salah seorang penerima vaksin mengaku, tidak merasakan apa-apa Pasca Vaksinasi, oleh karena itu ia mengajak masyarakat khususnya generasi muda untuk tidak perlu khawatir atau takut divaksin.

“Waktu saya di vaksin, aman-aman saja, jadi tidak usah khawatir karena vaksin itu aman untuk kita, apalagi sekarang ini penyebaran covid meningkat,”ucap Masita.

Seperti diketahui pemberian vaksin Covid-19 adalah untuk membentuk kekebalan kelompok, menurunkan kesakitan dan kematian akibat Covid-19, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, serta menjaga produktivitas dan meminimalisasi dampak sosial dan ekonomi. ( Nico/Ram )(RRI.co.id)