Pada hari Jumat tanggal 23 Juli 2021 jam 15.00 wit Bertempat di Ruang rapat Makodim 1803 Fakfak dilaksanakan Pelaksanaan PPKM Level 3 di Wilayah Kabupaten Fakfak bersama Danrem 182/Jazirah Onim.Dipimpin oleh Dandim 1803 Fakfak Doddy Yudha,S.IP.,M.Tr(Han),

di hadiri oleh Bupati Kab Fakfak Untung Tamsil,S.Sos,M.Si,
Kapolres Fakfak Ongky Isgunawan,S.IK,
Pasilog Kodim 1803 Bonaji,
Pasi Ops Kapten Inf.Ali Anwar,
Sekda Kabupaten Fakfak Drs. Alibaham Temongmere,M.T.P,
Kadis kesehatan Gondo Suprapto,
Kabid BPBD Risma Idrus,
Kabid RR.BPBD M.Ena.

Guna menekan laju penyebaran Covid-19 di wilayah Korem 182/JO, Danrem 182/JO merumuskan strategi penanganannya dihadapan para Kepala Daerah di 4 Kabupaten Kabupaten Fakfak, Kaimana, Teluk Bintuni dan Manokwari Selatan.

Hal tersebut disampaikan Danrem 182/JO Brigjen TNI Yudha Medy Dharma Zafrul, S.I.P. melalui video conference yang digelar di Makorem 182, Fakfak, Jum’at (23/7/2021).

Dandrem Brigjen TNI Yudha mengatakan strategi pertama yang harus dilakukan yakni dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya prokes dan vaksinasi.

“Ini adalah tangung jawab kita bersama, baik TNI, Polri, Pemerintah Daerah serta para tokoh agama maupun adat yang ada di Papua Barat dalam penegakkan protokol kesehatan secara tegas, sopan dan humanis,’’ ujarnya.

“Tak kalah pentingnya juga dalam hal mengkampanyekan prokes dan program vaksinasi di empat wilayah Korem 182 yang harus dilakukan secara serius, kontinyu dan terus diawasi,’’ terangnya.

Lebih lanjut kata Dandrem, Strategi kedua ialah bagaimana mendorong ketahanan ekonomi dan sosial kemasyarakatan dihadapkan penerapan PPKM di wilayah Korem 182.

“Mewujudkannya  dengan melakukan monitoring terhadap ketersediaan sembako, BBM, serta kebutuhan pokok lainnya yang dibutuhkan masyarakat kita,’’ jelasnya.

“Lalu strategi ketiga bagaimana mempercepat pelayanan kesehatan bagi warga yang terpapar Covid-19, yakni dengan menambah ruang perawatan dan fasilitas kesehatan yang dimiliki RSUD, serta mengaktifkan posko PPKM dan Kampung  Tangguh,’’ ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Danrem 182 juga memberikan beberapa penekanan tentang pentingnya sinergitas seluruh komponen pada pelaksanaan tugas PPKM.

“Validitas dan perkembangan data harian serta ketersediaan alkes, obat-obatan, tabung oksigen dan swab tes merupakan kunci keberhasilan pelaksanaan tugas seluruh Satgas PPKM,’’ pintanya.

“Parameter keberhasilan itu dapat dilihat dengan menurunnya angka kasus positif, berkurang pasien yang dirawat serta adanya peningkatan masyarakat yang di vaksin,’’ tambahnya.

Dirinya berharap sinergitas yang telah terjalin baik selama ini antara aparat baik TNI, Polri dengan Pemerintah Daerah serta elemen masyarakat lainnya dapat terus ditingkatkan dalam menghadapi pandemi di wilayah masing-masing.

“Dengan soliditas dan sinergitas yang baik dilapangan, kita optimis kedepannya angka penurunan dalam kasus penyebaran Covid-19 akan kita raih bersama,’’ tandasnya.

Selain Bupati Fakfak, Teluk Bintuni, Wakil Bupati Kaimana, Ka Kesbangpol, turut hadir pula antara lain Kasrem 182, para Dandim  wilayah Korem 182, para Ka Dinkes serta para tokoh agama, adat dan masyarakat.

 Sambutan Bupati Kabupaten Fakfak Untung Tamsil,S.Sos,M.Si dalam kegiatan Vicon Pelaksanaan PPKM bersama Korem 182/Jazira Onim sbb:

– Terima kasih kepada Korem 182/Jazira Onim bahwa yang telah melaksanakan Vicon pelaksanaan PPKM tentang pelaksanaan penanganan PPKM di wilayah Kabupaten Fakfak sesuai instruksi peresiden, Menteri, Gubernur Papua Barat dan instruksi Bupati Kabupaten Fakfak.

– Pelaksanaan PPKM sesuai dengan angka pasien yang terpapar Covid 19 di Kabupaten Fakfak sehingga pemerintah bersama Kodim, Kapolres,kepala pengadilan Negeri Fakfak dan Kajari Fakfak melakukan kajian-kajian dalam penerapan PPKM di Kabupaten Fakfak sehingga kami pemerintah Kabupaten Fakfak melakukan pertemuan-pertemuan untuk membahas PPKM dan kami pemerintah akan melakukan evaluasi.

– Bupati Kabupaten Fakfak menyampaikan tentang hambatan kita adalah kurang kesadaran masyarakat mentaati prokol kesehatan.

– Kami pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak akan memperpanjang PPKM Mikro pada klasifikasi level 3 karena Kabupaten Fakafak masuk zona merah yaitu Distrik Fakfak, Distrik Pariwari dan Distrik Fakfak tengah sehingga ini perlu penangan serius  dan posko-posko PPKM sudah di bentuk dan bekerjasana dengan Polsek dan Koramil.

– Persedian fasilitas yang ketersedian di RSUD dan pemerintah Kabupaten Fakfak menyiapkan sewa fasilitas hotel Wisma Torea untuk mengantisipasi adanya kelonjakan pasien Covid 19 dan perlu adanya sosialisasi isoslasi mandiri yang benar karena masih ada pasien isolasi mandiri yang tidak mematuhi peraturan tentang ketentuan isolasi mandiri.

– untuk vaksinasi kami pemerintah daerah akan membentukan Pos-pos vaksinasi sehingga ini bisa terwujud atas bantuan dan kerjasama seluruh stekholder. kami berharap kepada pihak yang terkait serta seluruh masyarakat fakfak dapat bersama-sama untuk melawan covid-19 dan melaksanakan aturan yg telah kami tetap kan, ujar Untung Tamsil selaku Bupati Fakfak.