2022 Tancap Gas Full RPJMD, Bupati UT: Saya akan Lebih Banyak di Lapangan

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Fakfak tahun 2021-2026 merupakan penjabaran Visi, Misi dan Program Bupati Fakfak Untung Tamsil dan Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom “Fakfak Tersenyum”

Untuk mewujudkan atau mensukseskan Visi, Misi tersebut, Bupati Untung Tamsil disapa UT meminta dukungan semua pihak termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak terlebih khusus lagi peran Kepala Distrik dan Kepala Kampung, yang merupakan perpanjangan tangan dari Bupati dan Wakil Bupati.

Bupati UT menyebut, 250 hari kerja setelah dirinya bersama Yohana Hindom (wakil bupati) dilantik April 2021 telah berlalu dan Bupati berjanji akan tancap Gas Full RPJMD 2022 hingga masa berakhir jabatannya meski hanya 3 tahun, namun RPJMD masih berlanjut hingga tahun 2026.

“Jadi RPJMD kami, akan maksimalkan 2022 ini, saya akan lebih banyak di lapangan, ada hal-hal penting saya akan datang di kantor dan setelah itu lebih banyak di lapangan,”ujar Bupati UT saat memimpin apel awal 2022 di halaman Kantor Bupati Fakfak, Jln Jenderal Sudirman Kabupaten Fakfak, Papua Barat, Senin (3/1/2022).

Bupati UT berharap peran Kepala Distrik memperhatikan kampung, Bupati berjanji akan membuat edaran untuk visi RPJM Kampung sama visi Pemerintahan saat ini (bupati dan wakil bupati), karena menurutnya, dana APBD 10 persen diberikan ke kampung.

“Jadi para kepala kampung tidak jalan atur diri sendiri, saya tegas hal ini, karena saudara-saudara kita di kampung datang di Kota ketemu bupati dan wakil bupati bawa proposal bantuan terus, padahal dana kampung sangat besar, tapi masalah bagi jhonson saja hampir mau baku pukul (berkelahi,red),”kata Bupati UT.

“Padahal kalau kita akumulasi satu kampung itu, kk (kepala keluarga) hanya 35 kk, dana kampungnya Rp 1,4 milyar, kalau setiap tahun pengadaan jhonson 5 unit saja atau 10 unit saja sudah mengkafer, tapi masih ada saudara-saudara kita menuntut, memang itu hak mereka, tetapi ini harus diatur baik,”pinta Bupati UT.

Terkait dengan RPJMD tahun 2021-2026, urai Bupati UT, merupakan penyebaran Visi, Misi dan Program, Bupati menyebut Visi pembangunan dalam RPJMD Kabupaten Fakfak, yang terdepan, sejahtera, nyaman, unggul dan mandiri atau Fakfak Tersenyum.

Untuk mencapai visi tersebut, maka dijabarkan kedalam 6 misi pembangunan sebagai langkah-langkah strategis dan operasional, yaitu Pertama, menciptakan kualitas sumber daya manusia Fakfak yang cerdas, sehat, religius dan produktif.

Kedua, Memperkuat kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor unggulan daerah, Ketiga, meningkatkan kinerja pemerintahan guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, efektif, efisien transparan dan akuntabel.

Keempat, Meningkatkan pembangunan infrastruktur dasar dan interkoneksitas wilayah yang terpadu dan terintegrasi, Kelima, Melestarikan adat dan budaya sesuai nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Fakfak dan Keenam, Mewujudkan pembangunan Fakfak berkelanjutan melalui pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan yang lestari serta berbasis mitigasi bencana.

Berdasarkan visi dam misi pembangunan Kabupaten Fakfak tersebut maka kata Bupati, ada pada Brand Fakfak Tersenyum, yaitu Fakfak Cerdas, Sehat dan Religius, Fakfak Berwisata, Fakfak Interkonektivitas, Fakfak Terang, Fakfak Banjir serta Fakfak Berkelanjutan, yang dilakukan melalui suatu gerakan pembangunan yakni, Gerakan Membangun Parawisata dan Ekonomi Masyarakat Sejahtera atau dikenal GEMPAR EMAS. [PR-01](Primarakyat.net)