Bupati Fakfak, Untung Tamsil resmi membuka kejuaraan Liga Berjenjang U-14 dan U-16 atau Sepak Bola Pelajar (LSP) SMP dan SMA, di Stadioan 16 November Fakfak, Rabu (22/9/2021) sore.

Kejuaraan LSP yang berlangsung dari tanggal 20 September 2021 dan akan berakhir 2 Oktober 2021 ini, memperebutkan piala Bupati dan Wakil Bupati Fakfak tahun 2021.

Dalam sambutannya Bupati Fakfak mengatakan, kejuaraan LSP ini sebagai ajang pembinaan berjenjang persepakbolaan di Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat.

“Saya bersama mama Yohana Hindom (wakil bupati Fakfak) berkomitmen mendukung penuh pelaksanaan proses regenerasi untuk semua cabang-cabang olahraga termasuk persepakbolaan di Kabupaten Fakfak,”ujar Bupati.

Secara berjenjang, sebut Bupati, dari pusat sampai ke provinsi dan kabupaten kota termasuk Kabupaten Fakfak, beberapa kegiatan ditangguhkan karena situasi pandemi Covid-19.

Tetapi dengan situasi pandemi di Kabupaten Fakfak, kita berada di level dua PPKM, sehingga mohon maaf saya menyetuhjui permohonan dari Dinas Pemuda dan Olahraga untuk melaksanakan LSP ini,”kata Bupati.
Bupati mengucapkan terima kasih kepada Kapolres dan Dandim termasuk Tim Gugus Tugas Covid-19, atas koordinasi yang baik, sehingga semua kegiatan di Fakfak termasuk LSP dapat dilaksanakan.
“Meskipun LSP dilaksanakan di suasana Covid-19 ini, namun saya mengajak kita semua tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19. Selain itu juga junjung sportifitas dan menjaga keamanan sehingga LSP ini dapat berjalan dengan baik, lancar dan sukses,”pinta Bupati.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Fakfak melalui Sekretaris Abdul Jabar Uswanas dalam sambutannya mengharapkan kejuaraan ini dilaksanakan sportif dan jaga kesehatan dalam bertanding.
“Saya harapkan kepada panitia terutama juri dan wasit sportif dalam melaksanakan tugasnya, sehingga kita bisa mendapatkan pemain sepakbola berbakat guna membentuk tim sepakbola pelajar menghadapi event di tingkat provinsi maupun tingkat nasional,”pintanya.
Sementara itu, Ketua Panitia, Mansur Ali, yang juga Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Fakfak dalam laporannya menyebutkan, kejuaraan LSP ini diikuti 19 tim, terdiri dari 12 SMP dan 7 Tim SMA dengan system pertandingan ½ kompetisi.
“Kejuaraan LSP berlangsung dari tanggal 20 September sampai dengan 2 Oktober 2021. Adapun tujuan kejuaraan LSP ini yaitu, untuk mencari pemain sepakbola berbakat guna membentuk tim sepakbola U-14 dan U-16 Kabupaten Fakfak untuk menghadapi event di tingkat provinsi maupun tingkat nasional,”ujarnya.
Pantauan media ini, Bupati Fakfak dan Wakil Bupati menyerahkan piala begilir kepada Panitia untuk diperebutkan setelah piala tersebut diserahkan oleh SMANSA (SMA Negeri 1) dan MAGEFA (Madrasah Aliyah Negeri Fakfak).
Sponsor utama Liga LSP ini oleh Bank Papua Cabang. Sedangkan Anggota DPRD Kabupaten Fakfak Yoan Clarce Yotlely akan memberikan hadiah uang tunai kepada Top Skor sebesar Rp 3 juta. [PR-01)(Primarakyat.com)