Kepolisian Perairan dan Udara atau Polairud Polres Fakfak Polda Papua Barat melakukan pengamanan dan pengawalan upacara pengibaran bendera merah putih di Tower Navigasi (Pal Merah) dan Pulau Tubir Seram Kabupaten Fakfak, Papua Barat, Selasa (17/8/2021).

Pengibaran bendera tersebut diselenggarakan Balai Konservasi Kabupaten Fakfak dan Komunitas Pencinta Alam (PENA) dan  dalam rangka memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pengamanan dan pengawalan dipimpin langsung Kasat Polairud Polres Fakfak, Iptu Arif Usman Rumra, S.Sos menggunakan Kapal C3 KP – 1014 Polairud Polres Fakfak, yang diawali dari perairan depan Jln. Reklamasi.

Di perairan itu, personel Polairud melakukan pengawalan 11 Longboad yang bergerak menuju Tower Navigasi (Pal Merah) guna melaksanakan pengibaran.

Pengamanan dan pengawalan yang sama juga kepada rombongan masyarakat dari balai konservasi yang melaksanakan giat pengibaran bendera merah putih di lokasi tower navigasi.

Perwakilan masyarakat dari Bali koservasi yang bertugas naik ke atas tower guna pemasangan bendera merah putih di awasi Anggota Satuan Polair Polres Fakfak, SAR Fakfak dan Kodim 1803 Fakfak. Setelah bendera siap di kibarkan, semua pihak yang terlibat melakukan penghormatan kepada bendera Merah Putih.

Setelah melakukan pengibaran dan penghotmatan bendera Merah Putih selanjutnya Kasat Polair dan anggota kembali melakukan pengawalan masyarakat menuju Pulau Tuber Seram guna melakukan kegiatan upacara pengibaran bendera.

Di pulau Tubir Seram, Kasat Polair dan Anggotanya melaksanakan pengamanan upacara bendera merah putih di bibir Pantai Pulau Tubir Seram yang diselenggarakn Komunitas PENA Fakfak, saat bendera di kibarkan Kasat Polair dan anggota melakukan penghormatan kepada bendera merah putih.

Usai Pengamanan dan pengawalan upacara di Pulau Tubir Seram, selanjutnya Kasat Polair Polres Fakfak bersama anggotanya bergerak kembali ke Mako Polres Fakfak. [PR-01](Primarakyat)