Kasus positif Covid -19 di Kabupaten Fakfak sudah menunjukan angka perununan sejak diberlakuan PPKM. Penurunan kasus tersebut, dikarenakan masyarakat semakin mengerti dan taat terhadap pelaksanaan protokol kesahatan Covid -19.

Kepala Dinas Kesehatan Gondo Suprapto yang juga selaku Juru Bicara Satgas Covid-19 mengatakan, menurunnya angka kasus Covid- 19 di Fakfak, bukan bertanda bahwa hilangnya covid-19.

“Kita tau bahwa angka positif covid-19 di Fakfak sudah turun, akan tetapi Saya minta masyarakat untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan dengan 5 M yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas,” pinta GONDO SUPRAPTO yang juga selaku Juru Bicara Satgas Covid-19.

Menurut Gondo Suprapto, disiplin menerapkan prokes sangat penting sehingga memutus mata rantai penyebaran Covid, apalagi aktivitas masyarakat paling banyak dilakukan diluar rumah, seperti pasar dan tempat-tempat umum.

“Jika masyarakat taat prokes, maka saya yakin tingkat penyebaran atau resiko terpapar covid-19 bisa menurun, sehingga di harapkan kabupaten Fakfak bisa terbebas dari virus Covid-19 atau kembali berada pada zona hijau,” tambahnya.

Sementara terkait Vaksinasi, kata Gondo, Pemerintah akan terus membuka Pos pelayanan vaksinasi bagi masyarakat di beberapa tempat untuk dosis pertama maupun kedua.(RRI.co.id)